Samsung Galaxy Bentengi BlackBerry dengan KNOX

Posted on Mar 6 2013 - 2:20pm by admin

Ponsel Magz – Samsung meluncurkan serangan besar-besaran di pasar ponsel smartphone dan Research In Motion (RIM) Ltd – berharap untuk membuat terobosan di daerah salah satu sektor keamanan perangkat mobile di mana BlackBerry masih mendominasi.

Selama akhir pekan Samsung mengumumkan layanan baru yang disebut KNOX yang pada dasarnya adalah sebuah software yang dirancang untuk memastikan ponsel Samsung Galaxy aman.

 Itulah upaya Samsung untuk meyakinkan pembeli dari perusahaan atau kantor yang selama ini memakai BlackBerry bahwa sistem operasi Google Android aman seperti BlackBerry.

Tetapi mengubah persepsi antara pembeli korporasi bukanlah tugas yang mudah. Android telah lama memiliki reputasi sebagai sistem operasi yang mudah ditembus.

samsung galaxy
ilustrasi (samsungtomorow)

Hal tersebut memungkinkan bahwa ponsel Android dapat terinfeksi dengan perangkat lunak berbahaya. meskipun RIM telah menderita dalam beberapa tahun terakhir di pasar konsumen.

Sejauh ini, pesaing Samsung Galaxy yang paling kuat yakni BlackBerry yakin dapat mempertahankan tempatnya.  Sebuah pernyataan, eksekutif RIM wakil presiden komputasi mobile, David Smith, mengatakan lebih dari 3.500 perusahaan dan instansi pemerintah sudah mengevaluasi BlackBerry 10, yang mulai dijual awal bulan ini.

 Pada saat yang sama, Samsung telah melihat hasil positif di kalangan konsumen, Galaxy smartphone dengan cepat menjadi ponsel Android yang paling bagus di pasar.

Namun, Samsung harus terlebih dahulu mengatasi dua hambatan utama yang sejauh ini membuat perangkat berbasis Android kurang begitu populer dengan pengguna Perusahaan atau kantor.

Pertama, Dalam beberapa tahun terakhir, Google telah merilis upgrade untuk berbagai sistem operasi, dan sementara setiap upgrade membawa banyak perbaikan yang diperlukan banyak, itu juga berarti bahwa jumlah versi Android di pasar terus meningkat. Itu fragmentasi bisa menghalangi departemen TI dari mengadopsi platform karena takut bahwa fitur saat ini mungkin tidak kompatibel dengan versi sebelumnya.

Kedua, dan lebih penting adalah keamanan secara keseluruhan. BlackBerry sering menggunakan pengaman enkripsi tinggi, namun Android tidak dikenal karena kemampuannya untuk menjaga data yang aman.

Untuk memperbaiki hal ini, insinyur Samsung bekerja dengan National Security Agency di Amerika Serikat, mengembangkan teknologi enkripsi untuk smartphone perusahaan bernama KNOX ini.

Walaupun demikian masih banyak permintaan ponsel samsung. Menurut International Data Corp penelitian, setahun penuh pengiriman ponsel Samsung pada tahun 2012 naik hampir 130 persen dari tahun sebelumnya. Sedangkan Blackberry pengiriman turun lebih dari 36 persen selama periode yang sama.

via : theglobeandmail

About the Author

Leave A Response