Jutaan Ponsel Android Rentan Virus Heartbleed Bug

Posted on Apr 13 2014 - 3:50am by admin

Jutaan smartphone dan tablet yang menjalankan Google Inc ( GOOG ) ‘ s sistem operasi Android sangat mudah dijangkiti virus Heartbleed.

Sementara Google mengatakan dalam sebuah posting blog pada 9 April bahwa semua versi Android kebal terhadap cacat, itu menambahkan bahwa ” pengecualian terbatas ” adalah salah satu versi dijuluki 4.1.1, yang dirilis pada tahun 2012. Baca juga Aplikasi Android Gratis Untuk Menyelamatkan Ponsel dari Virus Heartbleed

virus heartbleed android
image; businessinsider

Peneliti keamanan mengatakan bahwa versi Android masih digunakan dalam jutaan smartphone dan tablet, termasuk model populer yang dibuat oleh Samsung Electronics Co, HTC Corp dan produsen lain.

 Statistik Google menunjukkan bahwa 34 persen perangkat Android menggunakan variasi dari perangkat lunak 4.1. Perusahaan mengatakan kurang dari 10 persen dari perangkat aktif yang rentan. Lebih dari 900 juta perangkat Android telah diaktifkan di seluruh dunia.

Virus Heartbleed muncul minggu ini dan dapat mengekspos orang untuk hacking password dan informasi sensitif lainnya. Sementara perbaikan telah dibuat tersedia secara bersamaan dan cepat dilaksanakan oleh mayoritas sifat internet yang rentan terhadap bug, tidak ada solusi yang mudah untuk gadget Android yang membawa cacat, kata para ahli keamanan.

Meskipun Google telah menyediakan patch, perusahaan mengatakan terserah kepada pembuat handset dan operator nirkabel untuk memperbarui perangkat.

Baca berita terkait
Cara memblokir Iklan Android
Cara Mengembalikan Apps Default di Ponsel Android
10 Cara Menghemat Baterai Ponsel Android

Siklus Panjang

” Salah satu masalah utama dengan Android adalah siklus update sangat panjang, ” kata Michael Shaulov, CEO dan co – founder dari Lacoon Keamanan Ltd, sebuah perusahaan keamanan cyber difokuskan pada ancaman mobile canggih. ” Para produsen perangkat dan operator perlu melakukan sesuatu dengan patch, dan itu biasanya merupakan proses yang sangat panjang.”

Christopher Katsaros, juru bicara Mountain View, California berbasis Google, membenarkan ada jutaan Android 4.1.1 perangkat. Dia menunjuk ke sebuah pernyataan sebelumnya oleh perusahaan, di mana ia mengatakan telah ” menilai kerentanan SSL dan diterapkan patch untuk memasukkan layanan Google. “
Microsoft Corp mengatakan kemarin bahwa sistem operasi Windows Phone dan Windows dan sebagian besar layanan tidak terpengaruh Terhadap virus baru itu.

” Beberapa layanan terus ditinjau dan diperbarui dengan perlindungan yang lebih jauh, ” Tracey Pretorius, direktur Microsoft Trustworthy Computing, menulis dalam sebuah pernyataan e-mail.

Apple Inc tidak menanggapi pesan untuk komentar.

Resiko Ponsel yang terjangkiti Virus Heartbleed Bug

Verizon Wireless, perusahaan terbesar ponsel AS, kemarin mengatakan tidak ada perangkat lain yang terkena dampak.

” Verizon menyadari kerentanan keamanan OpenSSL disebut sebagai ‘ Heartbleed, dan kami bekerja sama dengan produsen perangkat kami untuk menguji dan menyebarkan patch untuk perangkat yang terkena dampak di jaringan kami menjalankan Android 4.1.1, ” tulis juru bicara Albert Aydin dalam sebuah e -mail.

” Sistem operasi mobile lainnya yang kami tawarkan tidak terpengaruh oleh kerentanan ini dan kita tidak punya alasan untuk percaya bahwa masalah ini telah menghasilkan kompromi rekening Verizon pelanggan, website, atau data. “

The Heartbleed bug, yang ditemukan oleh para peneliti dari Google dan perusahaan Finlandia bernama Codenomicon, mempengaruhi OpenSSL, jenis enkripsi open-source yang digunakan oleh sebanyak 66 persen dari semua situs internet aktif.

The bug, yang memungkinkan hacker diam-diam mengambil data dari memori komputer ‘, dan untuk memperbaiki itu diumumkan secara bersamaan pada tanggal 7 April.

Download Gratis Aplikasi Heardbleed Protector

Virus Heartbleed Mulai Menyebar

Jangkauan kerentanan terus melebar sebagai Cisco Systems Inc ( CSCO ) dan Juniper Networks Inc ( JNPR ) mengatakan awal pekan ini bahwa beberapa produk-produk jaringan – peralatan mereka terpengaruh dan akan ditambal.

Pemerintah Kanada telah memerintahkan situs web yang dioperasikan oleh pemerintah federal yang menggunakan versi rentan OpenSSL yang akan diambil offline sampai mereka bisa diperbaiki.

Sebagian besar perusahaan besar yang dilindungi sistem mereka segera dan push sekarang untuk membuat perusahaan kecil melakukan hal yang sama, kata Robert Hansen, seorang spesialis dalam keamanan aplikasi Web dan wakil presiden teknologi canggih kelompok WhiteHat Security Inc.

 Hacker telah terdeteksi melakukan pemindaian Internet mencari server yang rentan, terutama di lalu lintas yang datang dari China, meskipun itu sulit untuk mengetahui berapa banyak telah berhasil, kata Jaime Blasco, direktur AlienVault Labs, bagian dari AlienVault LLC. Banyak upaya namun buntu, kata Blasco.

Namun begitu, tidak ada tanda-tanda bahwa hacker mencoba untuk menyerang perangkat Android melalui kerentanan karena akan menjadi rumit untuk mengatur dan tingkat keberhasilan akan rendah, kata Rogers. Perangkat individu yang kurang menarik untuk pergi setelah karena mereka harus ditargetkan satu per satu, katanya.

Download Aplikasi Android Gratis Untuk Menyelamatkan Ponsel dari Virus Heartbleed

Source; bloomberg

About the Author

Leave A Response